/ Ruang Tengah

Hidup Yang Tak Linear

ketika mimpimu yang begitu indah
tak pernah terwujud ya sudahlah
saat kau berlari mengejar anganmu
dan tak pernah sampai ya sudahlah

apapun yang terjadi
Ku kan slalu ada untukmu
janganlah kau bersedih
cause everythings gonna be ok..

diatas adalah petikan lirik dari lagu bondan prakoso feat fade2black, petikan lirik lagu yang menurut saya menguatkan dan memberi semangat bagi sebagian orang yang mendengarnya, terlebih lagi bagi mereka yang sedang down dan kehilangan semangat hidup(sementara). yap. lagu ini emang cukup pas untuk “meluruskan” niat hidup.

sebetulnya, yang mau saya bicarain disini bukan mengenai lagu itu sih. karena saya kurang begitu mengerti tentang cara menilai lagu (karena lagu adalah selera). tapi sedikit pesan yang mau saya tulis disini kebetulan aja nyerempet dengan lirik lagu itu.

kita tentu kadang merasa hidup adalah penderitaan, tidak ada bahagia-bahagianya sama sekali. kalaupun bahagia hal tersebut hanyalah sesaat. ( dan sadarilah bahwa kesengsaraan adalah sementara juga)

ketika kita berusaha untuk sesuatu, tentu ekspektasi kita adalah berhasil dengan apa yang kita usahakan tersebut. misalkan, ketika menghadapi ujian masuk ke suatu perusahaan. pasti ekspektasi kita adalah berhasil diterima, ada juga sih yang berekspektasi gagal (<– ini adalah contoh orang pesimis). artinya, kita berasumsi bahwa keinginan kita sejalan dengan kenyataan. dan ketika pengumuman hasil ujian. apa yang terjadi? ada yang seneng dan ada yang sedih bukan. kita ga bisa menjudge bahwa orang yang gagal itu bodoh, tapi banyak faktor bukan sekedar pintar atau bodoh.

dari contoh kecil di atas dapat kita pahami bahwa hidup itu betul-betul tidak linear. Ketika kita tentang kelinearan antara keinginan dan kenyataan, hal tersebut terkadang membuat diri kita tersiksa. Yang kita fikirkan ketika ketidaklinearan terjadi adalah,

"kenapa saya tidak begitu?"

"kok gagal sih?"

saat ini adalah saat dimana kita belum sadar tentang ketidaklinearan tentang hidup.

dan Tuhan pun menguji manusia dengan ketidaklinearannya, ketika kita berekspektasi tinggi terhadap sesuatu maka sesuatu itu tidak sesuai dengan apa yang kita ekspektasikan. Dan (terkadang) ketika kita berekspektasi setengah-setengah, terkadang Tuhan mewujudkannya. hal tersebut membuktikan bahwa hidup tak linear.

coba bayangkan hidup ini linear, apa yang selalu kita inginkan terpenuhi. apa yang terjadi, bosan kah? kurang tantangan? mungkin. karena sesungguhnya kita tak pernah menemui kelinearan tentang hidup.

pahamilah bahwa hidup itu memang senantiasa menunjukkan ketidaklinearannya, apa yang kita harap belum tentu terjadi. tapi kita sebagai manusia diwajibkan untuk selalu berusaha menggapai dan mengejar apa yang kita inginkan tersebut. selebihnya kita serahkan kepada Tuhan dan semesta alam yang menilai, apakah kita layak untuk mendapatkan keinginan tersebut. trus kenapa kita usaha? dan pahami juga bahwa Tuhan memberi apa yang butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

ketika kita melihat sebuah pohon mangga dengan buahnya yang harum dan terlihat matang. tentu kita ingin menikmatinya. apa yang kita lakukan untuk menikmati mangga tersebut? berusaha dengan cara yang benar untuk mendapatkannya kan?

hidup yang tak linear (mudah-mudahan) membuat kita kuat , banyak bersyukur , tidak sombong dan ingat selalu dengan Tuhan.

Hidup takkan pernah menjadi linear, pun ketika engkau berusaha me-linearkannya dengan berbagai caramu, Tuhan takkan (pernah) setuju.